Minggu, 22 November 2009


Buah kasturi...oh...kasturi tanaman khas Kalimantan Selatan......
Buah kasturi adalah buah dari tanaman kasturi, merupakan khas Kalimantan Selatan (hewannya bekantan - kera hidung mancung)
Sekarang lagi musim sekitar bulan nopember-desember, tidak lama....besarnya lihat perbandingan dengan jam tangan (lihat gambar)
Dahulu saya pernah punya beberapa pohon (umumnya besar dan tinggi) kalau tidak salah menurut nenek dan ayah saya, kasturi berbuah berumur di atas 10 tahun...
Buahnya diambil setelah jatuh sendiri (masak atau agak masak) berwarna coklat tua sekali (istilah waktu kecil bapanar) dengan bintik2 kecil meski ada yg masih berwarna hijau. Aroma buah ini khas...
Warna jingga (kuning tua) dikupas dengan pisau. Cara mengupas juga dapat dilakukan dengan unik yaitu cara memutar sehingga kulit buah hasil kupasan menjadi panjang....
Dahulu pernah saya tidak sabar menunggu buah kasturi yang masak, lalu saya lempar dengan kayu diameter 2-3 cm dan pjg 50-60 cm ke arah buah yg bergrombol di suatu dahan...anehnya tahun depan pohon kasturi tidak berbuah (kata ortu merajuk....hehe)
Anehnya lagi...dahan yang tidak kena lempar dapat berbuah...sekarang kebun itu sudah menjadi sebuah desa dengan kepala desa tersendiri.....dapat dibayangkan berapa luasnya..

1 komentar:

  1. Saya suka sekali dengan buah kasturi, tapi sayangnya sekarang sudah jarang ditemukan... Dulu di depan rumah paman saya ada pohon kasturi, tapi karena di khawatirkan jika pohonnya rubuh akan mengenai rumah beliau, jadi pohon itu terpaksa ditebang. Akhirnya sampai saat ini saya tidak lagi merasakan betapa lezatnya buah kasturi itu.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar anda......